RSS

sejarah Naqsabandiyyah dan ajarannya

NAQSABANDIYAH SEJARAH DAN AJARANNYA

Oleh: Zainuddin MR

A.PENDAHULUAN
Alhadulillah Allah telah senantiasa mencurahkan segala nikmat dan rahmatnya
Sehingga kita bisa menghembuskan nafas untuk kesekian kalinya, karena tanpa taufiq dan rahmatNya pasti kita tidak bisa untuk mendiskusika ajaran- ajaran tasawwuf yang telah dicetuskan oleh ahlus suffah.

Pada kesempatan yang berbahagia ini penulis sedikit ingin menguraikan sejarah tariqat naqsabandiyah dan ajaran – ajarannya, namun sebelum kita melangkah lebih jauh penulis sedikit menjelaskan pengertian tariqat dalam tasawwuf.

Menurut Harun Nasution, tarekat berasal dari kata thariqah, yang artinya jalan yang harus ditepuh oleh seorang sufi agar berada sedekat mungkin dengan Allah. Tariqah kemudian mengandung arti organisasi. Tiap tariqah mempunyai syaikh, ucapan ritual, dan bentuk dzikir sendiri. Di timur tengah, istilah ''ta'ifah'' terkadang lebih disukai untuk organisasi, sehingga lebih mudah untuk membedakan antara yang satu dan yang lain. Akan tetapi di Indonesia kata tarekat mengacu pada keduanya.

Pebahasan tareqat di dalam tulisan ini mengacu pada pengertian tareqat yang terakhir, yaitu tariqat sebagai organisasi sufi.




B. PEMBAHASAN

1. Sejarah lahirnya Naqsabandy
Tariqat Naqsabandy didirikan oleh Muhammad bin Muhammad Bahauddin al uwaisi al bukhari naqsabandy.(717 H / 1318M- 791 H/ 1319 M). Tariqat ini bersumber dari abu Ya'kub Yusuf al Hmdani, sufi yang hidup sezaman dengan Muhiddin abu Muhammad Abdul Qadir bin Abi Saleh atau Syeh Abdul Qodir Jailani, tokoh sufi dan wali besar.

Muhammad Bahauddin merupakan tokoh yang sangat pandai melukiskan kehidupan yang gaib – gaib kepada pengikutnya, sehingga ia dikenal dengan nama Nqsabandy ( lukisan). Kata al Hwaisi berbungan dengan salah seorang tokoh sufi terkenal dimasa sahabat, yaitu Uwaisi al Qrni. Di samping Nqsabandy mempunyai hubungan keluarga dengan Uwaisi al Qorni.
Menurut kitab jami' al usul naqsabandy lahir dari keluarga dan lingkungan sosial yang baik, kelahirannya disertai dengan kejadian- kejadian aneh, bahkan menurut suatu riwayat, jauh sebelum tiba waktu kelahirannya sudah ada tanda- tanda aneh berupa bau semerbak di desa hinduwan.
2. Ajaran- ajaran tarekat Naqsabandy
Ajaran- ajaran Nqsabandy disebarluaskan oleh Adul kholiq Gudjawan salah seorang muridnya. Penyebarluasan ajaran ini terutama didaerah asia tengah, ia menetapkan delapan prinsip utama di dalam ajaran tariqatnya. Kedelapan prinsip tersebut selanjutnya menjadi dasar ajaran tariqat naqsabandiyah.
1. Husy dar dam yaitu pemeliharaan keluarnya nafas dari kelupaan kepada Allah SWT, sehingga salik selalu hadir dan ingat kepada Allah dalam setiap tarikan dan hembusan nafasnya.
2. Nazdar bar qodam yakni setiap salik merpelihatkan langkah dirinya. Apabila berjalan ia selalu melihat ke tempat kakinya melangkah dan apabila duduk ia melihat pada kedua tangannya.
3. safar dar wathan yaitu perpindahan diri sifat kemanusiaan yang kotor dan rendah pada sifat- sifat kemalaikatan yang suci.
4. khalawat dan arjuman yaitu setiap salik harus selalu menghadirkan hati kepada Allah dalam segala kondisi.
5. yad kard, yakni selalu mengulangi dzikir asma kapada Allah, dzikir nafi, dan dzikir isbat.
6. baz gard, yaitu menjaga pemikiran sendiri dengan mengulangi dzikir sesudah meresapkan kalimat ilahii anta maqsudii waridhoka matlubi.
7. nigah dast, yakni murid harus memelihara hatinya dari kemasukan segala sesuatu yang dapat menggangu dan menggoda sekalipun hanya sejenak.
8. ya dan dast, pemusatan perhatian sepenuhnya kepada musyahadah (persaksian).

Tariqat naqsbandy dibina atas enam hal pokok yaitu: 1. tobat 2. uzlah 3. zuhud 4. taqwa 5. qonaah 6. taslim ( berserah diri)
Adapun rukun tarikat naqsabandy ada enam yaitu: 1. ilmu 2. hilm. 3. sabar. 4. rido 5. ikhlas 6. berakhlak yang mulia.
Menurut penyelidikan para Ulama' ahli tariqoh yang mu'tabarah, sebenarnya dasar hukum tariqah dapat dilihat dari dari segi- segi yang antara lain adalah sebagai berikut: segi exsistensi amalan tariqah yang betujuan hendak mencapai pelaksanaan syari'at secara tertib dan teratur serta teguh di atas norma- norma yang semestinya dikehendaki oleh Allah dan Rasul-Nya. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT.
وَأَنْ لَوِ اسْتَقَامُوا عَلَى الطَّرِيقَةِ لَأَسْقَيْنَاهُمْ مَاءً غَدَقًا(16)
'' Dan bahwasanya: jikalau mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam) benar- benar kami akan memberikan minum kepada mereka air segar ( rizqi yang banyak)
3. Naqsabandiyah di indonesia
Perkembangan tariqat naqsabandiyah di indonesia berkembang dalam bentuknya sendiri sehingga di kenal adanya dua versi, yaitu: tariqoh naqsabandiiyah khalidiyah dan tariqah naqsabandiyah mudzariyah. Tariqah naqsabandiyah khalidiyah bersumber dari syekh Ismail al Kholidi di minankabau, penyebaran penyebaran dilakukan mulai dari daerah asalnya, sumabur, dengan sistem penyebaran melalui pengembaraan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Adapun tariqah naqsbandiyah Muzdariyah bersumber dari Muhammad Saleh az Zamawi.
Penyebaran Tariqoh naqsabandiyah Mudzariyah dari syekh as Zamawi lebih luas dan menyentuh dnia internasional. Di pulau jawa, ada lma organisasi tariqat naqsabandiyah, yang merupakan tariqat yang paling berpengaruh yang semuanya bernama tariqat naqsabandiyah kadariyah. Adpun pusatnya terletak di lima pesantren besar, yaitu pesantren Pengentongan di Bogor, pesantren Suryalaya di tasik malaya, pesantren Ranggen Semarang, pesantren Rejosa Jombang, dan pesantren Tebu Ireng Jombang.


C. KESIMPULAN
Jadi tariqah naqsabandiyah merupakan salah satu tariqah yang mengedepankan hati untuk selalu berdzikir disertai dengan perilaku kita dimanapun, kapanpun dan siapapun, karena salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah yaitu berdzikir dan berdzukir. Dengan konsep Ajaran yang telah diajarkan semoga kita menjadi orang yang selalu ingat dan mengenal Allah.
Daftar pustaka
Anwar.Rosihun. Ilmu tasawwuf.. bandung. 2000. cv.pustaka setia
Insiklopedi Islam. Jakarta. PT. Ichktiar bara van.
L Mz. Labib. Ajaran taswwuf dan tariqat. Surabaya. Bintang usaha jaya
http://www. Google. Com. /search? Ie=utf8. &. Tariqah naqsabandiyah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

referensinya mana mas?

Posting Komentar